INFO PPDB 2017-2018 Dimulai Tanggal 15 Juni 2017 KLIK SINI UNTUK DAFTAR PPDB ONLINE (http://jakarta.siap-ppdb.com)

WARNING!!! Mohon bila menyalin sebagian atau seluruh teks pada artikel di weblog SMPN 146 Jakarta, harap mencantumkan alamat/URL blog ini Terimakasih. (admin)

10 Januari 2011

TRAINING PELATIHAN THINKQUEST DI SMPN 193 JAKARTA

Posted by SMPN 146 JAKARTA On Senin, Januari 10, 2011 No comments

Alhamdulillah hari Sabtu, 8 Januari 2011 telah dilaksanakan pelatihan tentang THINKQUEST dari jam 07.30-17.00 WIB di SMPN 193 Jakarta, dengan nara sumber Ibu. Rani Purna Gunawanti. Beliau ditugaskan oleh dinas pendidikan untuk memfasilitasi dan memberikan pelatihan tentang THINKQUEST. Apakah anda Sudah pernah mendengar kata THINKQUEST? jika sudah, tentunya anda sedikit banyak sudah mengetahuinya, tp jika anda belum pernah mendengar sebelumnya, anda boleh klik kata THINKQUEST ini untuk membaca sekilas tentang THINKQUEST.

Ini merupakan situs jejaring sosial pendidikan, yang didukung oleh Oracle Education Foundation, yang bergerak dalam bidang database. Dalam hal ini, Oracle Education Foundation bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Jardiknas untuk dikembangkan di sekolah seluruh dunia dari tingkat SD sampai SMA-SMK. Banyak hal yang bisa kita pelajari dengan adanya THINKQUEST ini. Dengan adanya THINKQUEST, Guru dan siswa dapat berkreasi dan berinovasi dalam pendidikan, misalnya dengan membuat project pendidikan, membuat eksperimen, pelatihan, blog, yang dapat di sharing dengan guru atau siswa lain di seluruh dunia, atau sekedar berkirim pesan dan memberi komentar, bahkan di dalam THINKQUEST sendiri sering diadakan kompetisi pendidikan tingkat nasional maupun internasional.

Pelatihan ini diikuti oleh berbagai sekolah di kecamatan Cakung yang masing-masing diwakili oleh 5 orang guru dan 2 orang siswa tiap sekolah. Dari SMPN 146 Jakarta, diwakili oleh:

1. Bpk. Novi Purwanto AW (TIK)

2. Bpk. Tulus Dody Prakoso, M.Pd (TIK+MTK)

3. Bpk. Tatang Apandi, S.Pd (PENJASOR)

4. Ibu. Nia Kurniasih, S.Pd (PKn)

5. Ibu. Nuning Indriastuti (Bhs.INDONESIA)

Pelatihan ini, selanjutnya akan disosialisasikan di masing-masing sekolah yang hadir, melalui guru yang sudah di tugaskan, dan akan diajarkan kepada semua guru dan siswa di tiap sekolah. Tujuannya adalah agar terbentuk komunitas pendidikan yang intinya supaya siswa dan guru memiliki 7 keterampilan yang diperlukan di abad 21 yaitu:

• Berpikir kritis
• Kreatifitas
• Kerja sama tim
• Pemahaman perbedaan budaya
• Komunikasi
• Teknologi
• Mengarahkan diri

Harapannya adalah, apabila sudah disosialisasikan, Thinkquest mampu membentuk sebuah komunitas pendidikan yang maju, berkembang dan terus meningkat. Diharapkan seluruh guru dan siswa ikut perpartisipasi aktif untuk selalu mengembangkan potensi diri dan aktualisasi diri di dunia pendidikan, sehingga pendidikan di Indonesia khususnya, bisa maju pesat dan efeknya adalah meningkatkan taraf hidup bangsa, karena pendidikan adalah tolok ukur maju mundurnya suatu bangsa.

DOWNLOAD BUKU MODUL PANDUAN BELAJAR THINKQUEST (file-Ms.Word)
by: Admin

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang posting di atas!
"Gunakan bahasa yang baik dan sopan ya...!"
TERIMA KASIH